Jumat, 13 November 2015

Cara Mengetahui Data Yang Double Pada Microsoft Excel

Dalam menggunkan Microsoft Excel dalam pekerjaan kadang kita membutuhkan ketelitian dalam menginputkan data napun akibat mengantuk atau apapun itu pasti kita ada kesalahan atau memasukan data yang double maka di sini saya akan membahas cara mengetahui data yang double tersebut langsung saja langkah pertamanya yaitu:
Saya  di sini mengunakan contoh Microsoft Excel 2007 naman sama saja caranya dengan Microsoft Excel 2010 ataupun dengan versi yg lainya.
Langkah pertama buka aplikasi Microsoft Excel
Blok kolom yang di curigai ada data yang double disini saya mengunakan  kolom NISN cara bloknya klik huruf D maka secara otomatis kolom NISN akan terblok secara keseluruhan


Setelah diblok kemudian pada menu Home click Conditional Formating kemudian klik New Rule setelah muncul halaman New Formating Rule kemudian pilih Format Only Unique Or Duplicate Values, untuk memberi tanda warna pada data yang double silahkan clik Format





Setelah mengklik Fotmat maka akan muncul tampilan Fotmat Calls klik tab Fill kemudian pilih warna  sesuai keingian anda untuk memberi tanda data yang double disini saya akan mengunakan warna merah bila sudah memilih warna silahkan klik Oke maka akan muncul kembali tampilan New Formating Rule maka klik Oke lagi










Maka hasilnya akan seperti ini dan yang di tandain dengan warna merah maka itu lah yang pasti datannya ada yang sama silahkan cek ke bagian bawah.



Dan setelah di rubah atau di perbaiki data-data yang doublenya maka masalah selanjutnya adalah pasti bagaimana cara menghilangkan warna merah pada kolom pekerjaan anda disini sekalian saya akan mengasih solusi cara menghilngkanya maka langkah pertama blok lagi kolom yang akan anda hilangkan tanda warna merah tersebut cara bloknya sama dengan yang saya ketikan di bagian atas pada menu Home klik Conditional Formating kemudian arahkan kursor anda pada bagian Clear Rules kemudian Klik Clear Rules From Celected Cells




Semoga Cara Mengetahui Data Yang Double Pada Microsoft Excel dapat bermanfaat  dan mempermudah dan tanpa harus mengecek kembali dengan ketelitian mata bagi para pengguna Microsoft Excel.
Terima Kasih



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CURAHAN HATI SANG SARJANA YANG TIDAK KUNJUNG BEKERJA

Hai- Hai ,, kalau kata orang arab mah " Ta'aruf maka jadi kenal" hahaha . oke kenalin saya Maman suyatman. Gue anak ke 3 da...